Kamis, 04 Agustus 2011

Tips Selama Berpuasa

Tidak terasa, tahun ini kita kembali berkesempatan bertemu dengan bulan Ramadhan. Bagi umat muslin, berpuasa tentu saja merupakan kewajiban yang harus dijalani dengan ikhlas. Berpuasa, apalagi jika dijalani di musim panas seperti sekarang kadang terasa berat.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa saya bagi, mudah-mudahan berguna untuk anda yang akan menjalankan ibadah puasa.
  • Sahur Tepat Waktu. Sahur adalah pondasi terpenting dalam berpuasa, tanpa sahur yang tepat bisa-bisa kita akan cepat merasa lemas dan tidak kuat berpuasa. Usahakan sahur tepat waktu, sekitar satu jam atau setengah jam sebelum subuh. Jangan sampai sahur ketika jarum jam baru menunjuk pukul 8 malam, itu namanya makan malam !!
 
  • Kurangi kegiatan tidak perlu. Ketika berpuasa, tubuh kita akan kekurangan asupan cairan. Jadi, tidak bijak rasanya kalau kita memaksakan diri melakukan kegiatan fisik berlebihan yang tidak perlu. Joging di jam 12 siang misalnya, usahakan untuk dihindari yaa.
 
    • Perbanyak minum air putih. Air putih adalah salah satu elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tahan hidup tanpa makanan, tapi tanpa air minum ? Rasanya agak susah. Karena itulah selama berpuasa jangan lupa untuk sering-sering menenggak air putih minimal sejam sekali, Insya Allah puasa akan terasa ringan.
     
      • Perbanyak kegiatan berjamaah. Selain menahan lapar, haus dan godaan lain bulan Ramadhan juga menjadi bulan untuk menimba amal sebanyak-banyaknya. Perbanyaklah kegiatan berjamaah, di siang hari selain sholat dhuhur berjamaan ikutlah kegiatan tidur siang berjamaah di masjid.
       
        • Perbanyak ibadah. Mumpung bulan Ramadhan, cobalah untuk menguatkan diri anda menjalankan banyak ibadah, meski itu ibadah kecil. Sebagai contoh, anda bisa tidur dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, katanya tidurnya orang berpuasa itu ibadah juga bukan ? Jadi tidak apa-apa diperbanyak.
          • Jadilah musafir. Seperti yang kita tahu, musafir atau pengelana termasuk salah satu yang mendapatkan keistimewaan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Kalau anda memang tidak kuat untuk berpuasa, menjadi musafir bisa jadi satu pilihan. Cobalah untuk berjalan kaki misalnya dari Jakarta ke Surabaya atau dari Makassar ke Manado, Insya Allah anda tidak perlu berpuasa selama 1 bulan penuh.
           
            • Manfaatkan perbedaan waktu. Indonesia terbagi atas 3 zona waktu, dan jarak antar satu zona waktu adalah 1 jam. Ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi waktu berpuasa. Cobalah sesekali sahur di Banda Aceh kemudian tempuh perjalanan ke Jayapura. Insya Allah anda akan menghemat waktu puasa 2 jam.
             
              • Melambai. Akhirnya, apabila tips-tips di atas telah anda jalankan dan anda ternyata tetap tidak bisa berpuasa, maka silakan anda melambai ke kamera dan katakan kalau anda sudah tidak kuat, tim kami akan datang menjemput anda.

              Nah, begitulah tips-tips berpuasa yang mungkin saja menyesatkan. Tidak usah terlalu dipercaya, atau dimasukkan ke hati. Berpuasalah secara ikhlas, Insya Allah akan ada hikmah dan berkahnya untuk kita semua.
              Selamat berpuasaaaa !! 

              Tidak ada komentar:

              Poskan Komentar